Pembersihan Periferal

 

w

Hy readers

Posting kali ini buat tugas produktif *Ngeliat logo TKJ di seragam*.

Moga bermanfaat juga buat kalen *Emng ada yg baca?

Okee.. tanpa bacot2an kyk biasa, langsung caw~ *Ide ngebacot lagi buntung

Posting kali ini tentang Pembersihan Periferal. Tau maksud periferal? *Kalo udah tau pura2 gatau aja, bikin aku seneng sikit*.

Periferal adalah peralatan pendukung dari PC (Maksudnya peralatan yang disambungin ke komputer lewat port2 yang ada di PC). Contohnya; Mouse, keyboard, printer, speaker, dll. Bisa dibilang kayak perangkat keras lagi lah gitu  *Berasa tau segalanya* . Naah… periferal bahkan PC itu sering banget ngalamin kerusakan. Kadang, kerusakan itu timbul cuman karena bagian dalamnya udah nggak bersih jadi harus dibersihin. Cekidot for more info!

> Alat yang dibutuhkan

1) Obeng

Berguna untuk membongkar dan memasang kembali periferal dengan membuka baut yang terdapat di casing benda.

2) Kuas

Digunakan untuk membersihkan komponen periferal dari kotoran-kotoran yang menyebabkan kerusakan.

3) Penyedot debu mini/vacum cleaner

Menyedot debu yang terdapat di sela-sela yang sulit dijangkau. Terkadang kuas hanya bekerja seperti memindahkan debu dari lokasi satu ke lokasi lain pada benda. Namun, penyedot debu mini ini langsung menyedot debunya sehingga tidak ada debu yang berpindah ke tempat lain.

4) Kain kering/tisu dan cairan pembersih

Digunakan untuk membersihkan kotoran yang biasanya berbentuk noda yang mungkin sangat sulit untuk dibersihkan jika menggunakan kuas atau vacum cleaner.

5) Tang

Tang cucut

Tang kombinasi

Terdiri dari tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jamper yang kecil. Sedangkan tang kombinasi untuk memotong kabel atau cable tie jika menganggu.

> Beberapa Contoh Periferal yang Biasa Terkena Kotoran dan Harus Dibersihkan

1) Keyboard.

Debu dan kotoran dapat masuk ke dalam keyboard melalui sela-sela tombol pada keyboard. Debu dan kotoran akan menumpuk menjadi banyak dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamaman dalam menekan tombol atau tombol keyboard akan menjadi keras. Selain debu dan kotoran padat, kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi. Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terpencet terus, dan juga dapat terjadi hubungan pendek yang dapat mengakibatkan keyboard tak dapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2 pada motherboard mengalami kerusakan.
2) Monitor

Debu pada monitor akan membuat layar buram dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor.
Selain pada layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapat mengakibatkan kerusakan monitor.

3) Fan (kipas)
 
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletak pada ruang terbuka atau banyak debu. Karena debu ini akan tersedot oleh fan casing maupun fan periferal yang lain. Debu ini akan menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan tersebut. Apalagi debu yang mempunyai sifat padat dan keras. Debu seperti ini akan membuat fan sulit berputar dan menyebab kan kerusakan pada processor dan komponen lainnya karena panas yang timbul.

3) Printer
    
Alat ini merupakan periferal komputer yang sangat rawan terkena kotoran baik cair maupun debu. Untuk debu akan berakibat roller pemutar kertas menjadi terhambat hal ini terjadi jika debu sudah menumpuk terlalu banyak. Sedangkan untuk kotoran cair disebabkan oleh tinta yang tumpah. Selain akan mengotori printer, tinta dapat mengotori head ataupun cartridge. Perlu diketahui bahwa cartridge merupakan komponen yang sangat rawan, sehingga trouble yang paling parah adalah cartridge mati merupakan kasus yang sering terjadi akibat tinta yang berlebihan.

4. Mouse.

Mouse merupakan periferal yang paling rawan terhadap debu, terutama mouse yang masih menggunakan bola (scroll). Mouse bersentuhan langsung dengan alas (mouse pad) di mana alas tersebut merupakan sumber debu bagi mouse.
Jika debu telah banyak yang menempel pada mouse, maka gerakan bola menjadi tidak normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat-loncat ataupun dirasa sangat lambat. Hal ini akan membuat mouse sulit diarahkan.

“Beberapa Contoh Periferal yang Biasa Terkena Kotoran dan Harus Dibersihkan” thanks for: bennyagusarianto

Gimana? Fiuuh.. akhirnya selesai juga tugasnya

Semoga bermanfaat ya buat kaliaan

Leave a comment please

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s